Thursday, April 16, 2015

Tema : Bumi dan Alam Semesta


Ø  Kelas I            :
v  Standar Kompetensi   :
-          Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam  (cuaca dan musim)  serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
-          Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita.
-          Membedakan  pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia.
v  Pendalaman Materi     :
-          Mengenal Berbagai Benda Langit
ü  Pada Malam Hari
§  Bintang.
§  Bulan ( sabit, setengah lingkaran, purnama ).
ü  Pada Siang Hari
§  Matahari.
§  Awan.
-          Mengenal Keadaan Cuaca
ü  Musim Hujan
ü  Musim Kemarau
-          Membedakan Pengaruh Musim Kemarau dengan Musim Hujan
ü  Musim Kemarau
§  Udara panas sekali.
§  Angin jarang berembus.
§  Langit cerah.
§  Tubuh berkeringat.
§  Tanah kering
ü  Musim Hujan
§  Udara sejuk.
§  Angin sering berembus.
§  Langit berawan.
§  Tanah lembab.

Ø  Kelas II           :
v  Standar Kompetensi   :
-          Memahami  peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
-          Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
v  Pendalaman Materi     :
-          Kenampakan Matahari
ü  Pagi Hari
§  Matahari terbit dari timur.
§  Arah bayangan benda mengarah ke barat ukuran panjangnya lebih panjang dari tinggi benda aslinya.
ü  Siang Hari
§  Kedudukan matahari tepat di atas kepala kita.
§  Tidak terlihat ada bayangan karena bayangan benda tepat di bawah kita.
ü  Sore Hari
§  Matahari terbenam di ufuk barat.
§  Langit berwarna merah jingga.
§  Bayangan benda ketika sore hari mengarah ke timur, ukurannya lebih panjang daripada aslinya.
-          Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari dalam Kehidupan Sehari-Hari
ü  Mengeringkan Pakaian dan Makanan
ü  Menguapkan Air Laut
Ø  Kelas III         :
v  Standar Kompetensi   :
-          Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar.
-          Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca.    
-          Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
-          Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
v  Pendalaman Materi     :
-          Kenampakan Permukaan Bumi di Lingkungan Sekitar
ü  Daratan Adalah Permukaan Bumi Yang Tidak Digenangi Air
§  Wilayah daratan terdiri dari pegunungan, perbukitan, dataran, dan lembah.
§  Dataran tertinggi terdiri atas: dataran tinggi, jurang, ngarai, lembah, dataran rendah, sungai, dan danau.
ü  Lautan Adalah Bagian Permukaan Bumi Yaitu Berupa Perairan Yang Sangat Luas
§  Wilayah laut terdiri dari samudera, laut, selat, teluk, dan palung.
§  Dasar lautan bergelombang membentuk: bukit laut, gunung laut, dan palung laut.
-          Hubungan Antara Keadaan Awan Dan Cuaca
ü  Cuaca Adalah Keadaan Udara Pada Suatu Tempat Dalam Waktu Tertentu
§  Iklim adalah suhu rata-rata udara dalam waktu lama pada daerah yang sangat luas.
§  Awan berasal dari uap air yang naik ke langit. Uap air terjadi karena adanya pemanasan matahari terhadap air di bumi. Makin naik ke atas, suhu uap air makin turun sehingga air menjadi dingin. Akibatnya, terjadilah titik-titik air. Titik-titik air ini kemudian saling menyatu dan turun kebumi dalam bentuk hujan.
ü  Kondisi Cuaca
§  Cuaca cerah adalah cuaca yang menunjukkan langit dalam kondisi terang, sinar matahari memancar terang tetapi tidak begitu terasa panas, terdapat awan yang berlapis-lapis tipis seperti bulu-bulu serat sutra halus.
§  Cuaca berawan adalah cuaca yang menunjukkan bahwa di langit banyak terdapat awan.
§  Cuaca panas, matahari menyinari bumi dan menghangatkan udara di sekeliling bumi. Suhu di dataran rendah, udaranya akan terasa panas. Sebaliknya, jika di dataran tinggi maka udaranya akan terasa sejuk.
§  Cuaca dingin, kelembapan udara tinggi, angin bertiup kencang, dan suhu udara rendah, maka cuaca di daerah tersebut pada waktu itu dapat dikatakan dingin.
§  Cuaca berangin, langit biasanya tampak agak berawan, suhu udara rendah, dan angin bertiup kencang sehingga menerbangkan benda-benda ringan yang dilaluinya.
§  Cuaca hujan, Awan berasal dari uap air yang naik ke langit. Uap air terjadi karena adanya pemanasan matahari terhadap air di bumi. Makin naik ke atas, suhu uap air makin turun sehingga air menjadi dingin. Akibatnya, terjadilah titik-titik air. Titik-titik air ini kemudian saling menyatu dan turun kebumi dalam bentuk hujan.
-          Pengaruh Cuaca Bagi Kegiatan Manusia
ü  Petani Menanam Padi Dimusim Hujan
ü  Memanen Pada Musim Panas
ü  Pembuatan Garam Memerlukan Banyak Panas
ü  Membuat Genting Dan Batu Bata Ketika Cuaca Di Musim Panas
-          Cara Manusia Dalam Memelihara Dan Melestarikan Alam Di Lingkungan Sekitar
ü  Penanaman Kembali Hutan-Hutan Yang Gundul
ü  Membuat Sengkedan
ü  Menjaga Kebersihan Lingkungan
·         Kesimpulan dari tema ini adalah :
§  Tidak terdapat kesamaan/ tumpang tindih SK dan KD pada kelas I, II, dan III.
§  Pada kelas I, pendalaman materinya merupakan pengenalan mengenai bumi dan alam semesta. Pada kelas II, pendalaman materinya merupakan pemahaman mengenai peristiwa yang terjadi di bumi dan alam semesta. Pada kelas III, pendalaman materinya merupakan pemahaman kenampakan permukaan bumi.

Ø  Kelas IV         :
v  Standar Kompetensi   :
-          Memahami  perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit.
-          Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.
-          Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.
-          Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
-          Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
-          Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor).
-          Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor).
-          Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.
-          Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan.
-          Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
v  Pendalaman Materi     :

Ø  Kelas V           :
v  Standar Kompetensi   :
-          Memahami  perubahan  yang  terjadi di  alam  dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan.
-          Mengidentifikasi jenis-jenis tanah.
-          Mendeskripsikan struktur bumi.
-          Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya.
-          Mendeskripsikan  perlunya  penghematan air.
-          Mengidentifikasi peristiwa  alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan.
-          Mengidentifikasi  beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb).
v  Pendalaman Materi     :

Ø  Kelas VI         :
v  Standar Kompetensi   :
-          Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya.
-          Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan.
-          Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari.
-          Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah.

v  Pendalaman Materi     :

No comments:

Post a Comment