A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan
jawaban
yang benar!
1.
Benda cair saat dipindah akan berubah ....
a. warnanya c. bentuknya
b. banyaknya d. wujudmya
2.
Berikut ini sifat benda cair, kecuali ....
a. dapat mengalir c. permukaannya datar
b. terasa lunak d. bentuk sesuai tempat
3.
Benda padat di manapun berada bentuknya akan ....
a. tidak berubah c. selalu berbeda-beda
b. berubah sebagian d. sesuai tempatnya
4.
Benda cair yang berbau harum adalah ....
a. bensin c. minyak rem
b. minyak kayu putih d. alkohol
5.
Benda padat yang paling mudah dibentuk adalah ....
a. kayu jati c. aluminium
b. tanah liat d. batu kali
6.
Tanah liat akan mengeras dan berubah merah apabila ....
a. dibekukan c. dijemur
b. dibakar d. dilapisi cat
7.
Benda padat yang larut dalam air, yaitu ....
a. pasir c. mentega
b. garam d. batu
8.
Oli merupakan benda cair yang digunakan untuk ....
a. bahan bakar c. minyak goreng
b. pelarut cat d. pelumas mesin
9.
Berikut ini yang termasuk benda cair adalah ....
a. kertas c. lilin
b. es batu d. kecap
10.
Sifat air bersih antara lain ….
a. berwarna putih c. berbau sedap
b. tidak berwarna d. terasa manis
11.
Berikut yang bukan sifat gas adalah ....
a. bentuknya selalu tetap
b. ukurannya tidak dapat
berubah
c. tidak dapat dipegang
d. mudah sekali diwarnai
12.
Minyak jika dimasukkan ke dalam air akan ....
a. menyatu c. mengapung
b. melarut d. menghilang
13.
Gula yang dimasukkan dalam air akan ....
a. membeku c. menguap
b. melarut d. mendidih
14.
Kayu bersifat keras, tetapi kelemahannya ....
a. mudah berkarat c. mudah terbakar
b. sukar diperoleh d. susah dibentuk
15.
Di antara benda berikut yang paling mudah menguap adalah ....
a. kecap c. minyak tanah
b. air d. bensin
Kunci jawaban:
1. C
2. B
3. A
4. B
5. B
6. B
7. B
8. D
9. D
10. B
11. D
12. C
13. B
14. C
15. D
NONTEST
Unjuk Kinerja
Siswa
di bagi atas beberapa kelompok kemudian Mengamati Sifat Khusus Air dengan
prosedur dibawah ini
Siapkan
bahan dan alatnya!
·
Dua gelas air minum
·
1 sendok garam
·
1 sendok gula
·
1 sendok tanah
Lakukan
kegiatan berikut ini!
1.
Berilah tanda pada kedua gelas, A dan B!
2.
Ambilah air lalu masukkan ke dalam gelas A dan gelas B!
3.
Masukkan garam ke dalam gelas A, lalu aduklah. Apakah air dapat
melarutkan
gula?
3.
Sekarang masukkan garam masih ke dalam gelas A, lalu aduklah
dengan
sendok. Apakah garam larut dalam air?
4.
Selanjutnya masukkan tanah ke dalam gelas B, lalu aduklah. Apakah
semuanya
larut dalam air?
Ingat,
benda dikatakan larut dalam air apabila benda tersebut menyatu sehingga tidak
terlihat, namun sifatnya masih ada!
Hasil Pengamatan Kelompok
Air
dapat melarutkan benda padat seperti garam dan gula pada gelas A, namun
sifat-sifat air tetap ada. Namun tanah juga benda padat dan tidak terlarut
karena masih terdapat endapan seperti pasir yang tidak dapat menyatu dengan
air, sehingga dapat disimpukan tidak semua benda padat dapat terlarut didalam
air hanya benda-benda padat tertentu yang dapat terlarut diadalam air
Lembar Penilaian Pengetahuan, Sikap
dan Keterampilan
a. Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis Pilihan Ganda
NO
|
BOBOT
|
1
|
10
|
2
|
10
|
3
|
10
|
4
|
10
|
5
|
10
|
6
|
10
|
7
|
10
|
8
|
10
|
9
|
10
|
10
|
10
|
11
|
10
|
12
|
10
|
13
|
10
|
14
|
10
|
15
|
10
|
Jumlah Maksimum
|
150
|
·
Nilai
= ( Jumlah Skor : Jumlah Skor Maksimal ) x 100
b. Skala
Penilaian Sikap
Test
Tertulis Dan Tes Tidak Tertulis
Prilaku yang dinilai
|
Cek Lis (√)
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
|
1.
Berperilaku hidup sehat
|
|||
2.
Tanggung
jawab
|
|||
3.
Toleransi
|
|||
4.
Disiplin
|
|||
Jumlah skor Maksimal =12
|
Keterangan ; BAIK
skor 9 - 12
SEDANG skor
5 - 8
KURANG skor
0 - 4
c. Rubrik
Penilaian Keterampilan
Test
Tidak Tertulis
Penilaian
Kinerja
No
|
Kriteria / Aspek
|
Kriteria Persekoran
|
Nilai Akhir
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Ʃ
|
|||
1.
|
Kesediaan alat dan bahan kelompok
|
||||||
2.
|
Cara pengerjaan pengamatan dalam kelompok
|
||||||
3.
|
Hasil dari pengamatan kelompok
|
||||||
Skor Maksimal
|
12
|
Keterangan
Penilaian
NO
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesediaan alat dan bahan pengamatan kelompok
|
Kesediaan
perlengkapan alat dan bahan didalam kelompok sudah lengkap
|
Kesediaan
perlengkapan alat dan bahan hamper lengkap hanya beberapa yang tidak ada
|
Kesediaan
perlengkapan alat dan bahan tidak lengkap bahkan lebih banyak tidak ada
|
Kesediaan
perlengkapan alat dan bahan tidak ada sama sekali
|
2
|
Cara pengerjaan pengamatan dalam kelompok
|
Setiap anggota
kelompok sudah memahami cara pengerjaan pengamatan sehingga dapat mengerjakan
pengamatan dengan baik dan lancar
|
Sebagian besar
anggota kelompok sudah memahami cara pengamatan yang telah disediakan sehingga
pengamatan yang dilakukan cukup baik dan berjalan dengan lancar
|
Hanya sebgaian
kecil dari anggota kelompok yang memahami cara pengamatan sehingga pengamatan
kurang baik
|
Bagian-bagian
dari anggota kelompok tidak memahami sama sekali cara pengerjaan dalam
kelompok sehingga pengamatan tidak berjalan dengan lancar
|
3
|
Hasil dari pengamatan kelompok
|
Siswa mampu
mengambil kesimpulan dari hasil pengamatan dengan baik disertai dengan
pembuktian
|
Siswa dapat
mengambil kesimpulan dari hasil pengamatan dengan baik namun bukti yang
dimilki masih diragukan
|
Siswa dapat
mengambil kesimpulan dari hasil pengamatan dengan cukup baik
|
Siswa
mengambil kesimpulan hasil pengamatan dengan tidak telalu baik
|
No comments:
Post a Comment