Thursday, April 16, 2015

Matematika SD Kelas Rendah


Bilangan Kardinal

Penjelasan Konsep Bilangan
1.      Sama
Untuk mengajarkan kepada anak sd konsep bilangan sama, terlebih dahulu guru menyuruh siswa mengambil benda-benda konkrit yang ada di sekitar seperti berikut
a.       Guru menyuruh siswa untuk mengambil 2 buah buku dan 2 buah pensil
b.      Kemudian siswa meletakkannya di atas meja
c.       Guru menyuruh siswa membuat pasangan antara buku dan  pensil
d.      Setelah siswa membuat pasangan masing-masing
e.       Maka guru bertanya kepada siswa apakah dari antara buku dan pensil adakah diantaranya yang tidak mempunyai pasangan
f.       Jika siswa menjawab ia maka guru perlu menjelaskan lagi dan apabila siswa menjawab tidak maka guru menjelaskan bahwa jumlah buku dan pensil adalah sama dan telah terbukti
Guru juga dapat menjelaskan dengan gambar benda seperti berikut
 


                                               
                                                  

Dari gambar tersebut tampak kalau setiap buah jeruk dan buah apel memilki pasangan masing-masing sehingga jumlah jeruk dan jumlah apel sama

2.      Tidak sama
Untuk menjelaskan konsep tidak sama juga dapat menggunakan benda disekeliling. contoh yang diambil adalah batu dan kelereng
a.       Guru menyiapkan kelereng 5 buah dan batu 3 buah
b.      Siswa dibiarkan untuk memberi pasangan masing-masing kelereng dan batu
c.       Guru bertanya apakah ada benda yang tidak memiliki pasangan jika maka siswa menjawab ia
d.      Guru memberi kesimpulan bahwa jumlah kelereng dan batu tidak sama
e.       Guru dapat memberi soal dalam bentuk gambar seperti dibawah
                                                                                
 




Dari gambar tersebut terlihat bahwa buah jeruk tidak memiliki pasangan sehingga jumlah antara jeruk dan apel tidak sama.
3.      Lebih dari
Untuk menjelaskan konsep lebih dari juga dapat menggunakan benda disekeliling. contoh yang diambil adalah pensil dan penghapus
a.       Siswa disuruh menyiapkan 3 buah pensil dan 1 buah penghapus
b.      Siswa dibiarkan untuk membuat pasangan masing-masing pensil dan penghapus
c.       Guru bertanya apakah ada benda yang tidak memiliki pasangan jika maka siswa menjawab ia
d.      Guru bertanya lagi benda apa yang tidak memiliki pasangannya kemudian siswa akan menjawab pensil
e.       Guru memberikan kesimpulan kalau pensil lebih dari penghapus Karena jumlah pensil lebih banyak dari penghapus
f.       Kemudian guru dapat memberi latihan – latihan kepada siswanya dengan soal yang hampir sama
Contoh soal menggunakan gambar kursi dan meja











Dari gambar tersebut siswa dapat melihat bahwa satu kursi tidak memili pasangan sehingga dapat dikatakan kursi lebih dari meja karena kursi lebih banyak dari meja

4.      Kurang dari
Untuk menjelaskan konsep lebih dari juga dapat menggunakan benda disekeliling. contoh yang diambil adalah penggaris dan pensil
g.      Siswa disuruh menyiapkan 2 buah penggaris dan 4 buah pensil
h.      Siswa dibiarkan untuk membuat pasangan masing-masing penggaris dan pensil
i.        Guru bertanya apakah ada benda yang tidak memiliki pasangan maka siswa menjawab ia
j.        Guru bertanya lagi benda apa yang tidak memiliki pasangannya kemudian siswa akan menjawab pensil
k.      Guru memberikan kesimpulan kalau pensil lebih banyak  dari penggaris dan sebaliknya penggaris lebih sedikit dari pensil
l.        Jadi dapat dikatakan penggaris kurang dari pensil karena jumlah penggaris yang lebih sedikit
m.    Kemudian guru dapat memberi latihan – latihan kepada siswanya dengan soal yang hampir sama
Guru juga dapat menjelaskan dengan gambar benda seperti dibawah

 







Dari gambar tersebut siswa dapat membuat pasangan antara penggaris dan pensil ternyata ada beberapa pensil yang tidak memiliki pasangan sehingga guru dan murid dapat menarik kesimpulan bahwa pengharis kurang dari pensil

No comments:

Post a Comment