Ø
Kelas I :
v Standar Kompetensi :
-
Mengenal berbagai bentuk
energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
v Kompetensi Dasar :
-
Membedakan
gerak benda yang mudah bergerak dengan yang
sulit bergerak melalui percobaan.
-
Mengidentifikasi
penyebab benda bergerak (batere, per/pegas,
dorongan tangan, dan magnet).
v
Pendalaman
Materi :
-
Gerak
Benda
§
Benda
yang Mudah Bergerak
§
Misalnya
: Roda sepeda. Roda sepeda mudah bergerak karena berbentuk lingkaran.
§
Benda
yang Sulit Bergerak
§
Misalnya
: Dadu. Dadu tidak mudah bergerak karena berbentuk kotak.
-
Penyebab
Benda Bergerak
§
Karena
Adanya Energi Gerak
§
Karena
adanya tendangan.
§
Karena
adanya tarikan.
§
Karena
adanya sakelar.
§
Karena
adanya dorongan.
§
Karena
adanya tekanan.
Ø
Kelas II :
v Standar Kompetensi :
-
Mengenal berbagai
sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
v Kompetensi Dasar :
-
Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan
sekitar.
-
Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
v
Pendalaman
Materi :
ü
Sumber
– Sumber Energi di Lingkungan Sekitar
§
Energi
Panas
§
Kompor,
setrika, kayu yang dibakar, matahari merupakan sumber energi panas.
§
Energi
Listrik
§
Aki,
baterai kering, PLTA merupakan sumber energi listrik
§
Energi
Cahaya
§
Senter,
lampu tempel, matahari merupakan sumber energi cahaya.
§
Energi
Bunyi
§
Bel,
lonceng, gendang merupakan sumber energi bunyi.
ü
Energi
yang Paling Sering Digunakan
§
Energi
Listrik
ü
Cara
Menghemat Energi
§
Matikan
Lampu Ketika Tidak Digunakan
§
Mematikan
Televisi Jika Sedang Tidak Dipakai
§
Mencuci
Dengan Tangan Jika Cucian Sedikit
§
Menggunakan
Kipas Angin dari Bambu atau Kain
Ø
Kelas III :
v Standar Kompetensi :
ü
Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan
energi dan sumber energi.
ü
Menerapkan
konsep energi gerak.
v Kompetensi Dasar :
-
Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
-
Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan
sehari-hari.
-
Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya.
v
Pendalaman
Materi :
-
Gerak
Benda Dipengaruhi Oleh Bentuk dan Ukuran
-
Pengaruh
Energi Panas, Gerak, Getaran Dalam Kehidupan Sehari – Hari
ü
Energi
Panas
§
Misalnya,
cahaya matahari menjadikan bumi terang.
ü
Energi
Gerak
§
Misalnya,
angin adalah udara yang bergerak yang memilki energi yang dapat memutar kincir
angin. Sehingga kincir angin dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.
ü
Energi
Getaran
§
Misalnya,
getaran senar gitar dapat menghasilkan bunyi.
§
Sumber
Energi dan Kegunaannya
ü
Energi
Panas atau Cahaya Matahari
§
Mengeringkan
pakaian yang telah dicuci.
§
Penerangan
di siang hari.
§
Membantu
dalam proses pembuatan garam.
§
Mengeringkan
hasil panen.
§
Membantu
tumbuhan membuat makanan.
ü
Energi
Gerak atau Angin
§
Untuk
menggerakkan perahu layar.
§
Menggerakkan
kincir angin sehingga menghasilkan listrik.
§
Untuk
mengeringkan pakaian.
·
Kesimpulan
dari tema ini adalah :
§
Tidak
terdapat kesamaan/ tumpang tindih SK dan KD pada kelas I, II, dan III.
§
Pendalaman
materinya pada kelas I yaitu: menjelaskan energi gerak secara umum. Pada kelas
II yaitu: menjelaskan sumber energi yang lebih mendalam dari penjelasan di
kelas I. Sedangkan pada kelas III pendalaman materinya yaitu: penjelasan antara
kelas I dan kelas II di gabung menjadi satu dan lebih mendalam atau secara
khusus dalam penjelasannya.
Ø
Kelas IV :
v Standar Kompetensi :
§ Memahami
gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda.
§ Memahami
berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
v Kompetensi Dasar :
-
Menyimpulkan
hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda.
-
Menyimpulkan
hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda.
-
Mendeskripsikan
energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.
-
Menjelaskan
berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya.
-
Membuat
suatu karya/model untuk menunjukkan
perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari
kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut.
-
Menjelaskan
perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik.
v
Pendalaman
Materi :
-
Benda Bergerak Karena Gaya
ü Gaya
§ Dapat mengubah
bentuk benda, contoh: membuat kue dengan adonan tepung terigu
yang diberi gaya sehingga bentuknya berubah.
§ Dapat mengubah
arak gerakan benda, contoh: bola yang sedang berguling di lantai,
disentuh dan diberi gaya sehingga arahnya berubah
-
Benda Bergerak Karena Adanya Tarikan Atau Dorongan
ü Kecepatan Gerak
Benda Tidak Sama, Ada Yang Cepat Ada Yang Lambat
§ Kuat dan
lemahnya tarikan atau dorongan sedikit atau dengan sekuat-kuatnya.
§ Berat atau
ringannya benda.
§ Keadaan sekitar
( kasar atau halusnya permukaan tempat benda bergerak).
§ Jenis benda itu
sendiri.
§ Kemiringan benda
itu sendiri.
-
Gaya Adalah Tarikan Atau Dorongan
-
Beberapa Jenis Gaya Yang Berhubungan Dengan Tarikan Atau
Dorongan Sesuai Dengan Asalnya
ü Gaya Otot : gaya yang menggerakkan otot
ü Gaya Magnet : gaya menarik benda dari besi
ü Gaya Gesekan : permukaan dua benda digesekkan
ü Gaya Pegas : karena adanya
sifat elastis dari benda
ü Gaya Listrik : gaya dari
benda bermuatan listrik
ü Gaya Gravitasi
Bumi : gaya tarik bumi
ü Gaya Mesin : gaya yang
dihasilkan oleh mesin
-
Sehubungan dengan gaya
ü Jika Benda
Dimasukkan Kedalam Zat Cair Akan Mengalami Peristiwa Langsung Turun Ke Dasar
Zat Cair Atau Tetap Di Permukaan, Karena Mendapat Gaya Keatas
§ Tenggelam :
jika berat benda lebih besar dari gaya tekan zat cair ke atas. Contoh : Batu.
§ Terapung : bila
berat benda lebih kecil dari pada tekanan air keatas. Contoh: Bulu ayam.
§ Melayang : bila
berat benda sama dengan gaya tekan zat cair keatas.
-
Energi Panas
ü Matahari
§ Sumber panas
utama dan terbesar bagi semua makhluk hidup
dan tidak pernah habis, sehingga disebut sember energi kekal/abadi.
§ Untuk
fotosintesis : proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau.
§ Untuk manusia :
mengeringkan pakaian, gabah, dll
ü Bahan Bakar
§ Contoh : kayu
api, minyak tanah, bensin, dll
ü Gesekan 2 Benda
ü Makanan
§ Panas badan diperoleh
dari hasil oksidasi (pembakaran) antara karbohidrat pada makanan dengan oksigen
hasil pernapasan dan panas ini menghasilkan energy.
ü Perpindahan
panas secara :
§ Konduksi :
merambat.
§ Perpindahan
panas tanpa disertai perpindahan zat partikel yang dipanaskan itu.
§ Konduksi ada 2
penghantar: yang baik : Konduktor dan yang buruk : isolator
ü Panas
menyebabkan perubahan bersifat :
§ Sementara :
kawat dibakar
§ Tetap : kertas
dibakar
-
Energi Alternatif
ü Energi Alternatif
Adalah Energi Pilihan Pengganti Yang Sudah Bisa Dipergunakan Selama Ini.
ü Sifat Energi Alternatif
:
§ Mudah diperoleh
§ Berlimpah
§ Tidak cepat
habis
-
Energi Bunyi
ü Sifat Energi
Bunyi
§ Dapat berpindah
dengan cara merambat melalui media.
§ Dapat
dipantulkan.
§ Dapat diserap
ü Sumber Bunyi
Adalah Benda Yang Menghasilkan Bunyi
§ Manusia : pita suara
bergetar.
§ Hewan : gesekan
sayap seperi pada jangkrik dan belalang.
§ Alat musik
ü Getaran Adalah
Gerakan Bolak Balik Di Sekitar Sikap Seimbang
§ Infrasonik,
yaitu : frekuensi bunyi yang berada dibawah 20 getaran per detik bisa didengar
jangkrik.
§ Audiosonik,
yaitu : frekuensi bunyi yang berada diantara 20-20.000 getaran per detik.
§ Ultrasonik,
yaitu : frekuensi bunyi yang berada lebih dari 20.000 getaran per detik
ü Kuat Dan
Lemahnya Bunyi
§ Bunyi kuat dan
lemah tergantung besarnya amplitudo. Makin besar amplitudo, bunyi semakin kuat,
sebaliknya makin kecil amplitudo, bunyi semakin lemah.
ü Bunyi Tinggi
Dan Rendah
§ Bunyi tinggi
karena kekerapannya dan sebaliknya bunyi rendah karena kekerapannya
sedikit/rendah
ü Getaran Yang
Sampai Ke Telinga Kita Dengan Jalan Merambat Berbentuk Gelombang Bunyi
ü Pemantulan Dan
Penyerapan Bunyi
§ Bunyi memantul
jika mengenai permukaan benda yang keras (padat). Bunyi diserap bila mengenai
permukaan benda yang lunak.Benda penyerap bunyi disebut peredam bunyi.
ü Resonansi :
Ikut Bergetar Dengan Sumber Bunyi
ü Efek Dopler :
Bunyi Pantul Yang Terdengar Jelas Jikalau Sumber Bunyi Mendekat, Sebaliknya
Terdengar Tidak Jelas Bila Sumber Bunyi Menjauh
ü Alat Musik
Ø
Kelas V :
v Standar Kompetensi :
-
Memahami hubungan antara
gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya.
-
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat
suatu karya/model.
v Kompetensi Dasar :
-
Mendeskripsikan
hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya
gesek, gaya magnet).
-
Menjelaskan
pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
-
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya.
-
Membuat
suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan
menerapkan sifat-sifat cahaya.
v
Pendalaman
Materi :
-
Hubungan Antara Gaya, Gerak, Dan Energi Serta
Fungsinya
ü
Pengertian
Gaya Gravitasi
§
Gaya
Gravitasi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang ada di alam semesta.
ü
Pengertian
Gaya Gesek
§ Gaya Gesek adalah gaya yang
menimbulkan hambatan ketika dua permukaan saling bersentuhan.
ü Pengertian Gaya Magnet
§ Benda magnetis adalah benda-benda
yang dapat ditarik oleh magnet, misalnya: besi,baja, aluminium, dll.
§ Benda Non-magnetis adalah
benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet,misalnya: plastik, kayu, kaca,
kain, karet, dll.
-
Menjelaskan
Pesawat Sederhana Yang Dapat Membuat Pekerjaan Lebih Mudah Dan Lebih Cepat
ü Pesawat Sederhana
§ Alat
mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya.Secara
umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai mekanisme paling sederhana yang
memanfaatkan keuntungan
mekanik untuk menggandakan gaya.
§ Secara tradisional, pesawat sederhana terdiri dari: bidang
miring, roda dan gandar, tuas,
katrol, baji,
sekrup, roda berporos, kerekan.
-
Sifat-Sifat
Cahaya
ü Cahaya Merambat Lurus
ü Cahaya Dapat Menembus Benda Bening
ü Cahaya dapat dipantulkan
ü Cahaya Dapat Dibiaskan
ü Cahaya dapat diuraikan
-
Pemanfaatan Sifat-Sifat Cahaya
ü Periskop, Teleskop, Kaleidoskop,
Dan Lup
Ø
Kelas VI :
v Standar Kompetensi :
-
Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energy.
-
Memahami
pentingnya penghematan
energi.
v Kompetensi Dasar :
-
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat
jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas).
-
Menyajikan
informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.
-
Mengidentifikasi
kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
-
Membuat
suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model
lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah).
v
Pendalaman
Materi :
-
Hubungan
antara Gaya dan Gerak
ü
Gaya Otot, Gaya Dorong, Dan Gaya Tarik
Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda
§
Jika kamu memberikan gaya pada suatu
benda, benda itu akan bergerak.
-
Perubahan energi listrik
ü Energi listrik dapat diubah-ubah.
§ Perubahan energi listrik menjadi energi panas dan cahaya.
Contohnya : lampu listrik
§ Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Contohnya :
setrika listrik
§ Perubahan energi listrik menjadi energi gerak atau energi
kinetik. Contohnya : kipas angin
§ Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. Contohnya :
radio
ü Contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan energi listrik
§ Sebagian besar peralatan rumah tangga memanfaatkan energi
listrik. Seperti Rice cooker, dispenser, kulkas, radio, setrika, mesin cuci,
kipas angin, dan sebagainya.
ü
Cara
Menghemat Energi
§
Matikan
lampu ketika tidak digunakan
§
Mematikan
televisi jika sedang tidak dipakai
§
Mencuci
dengan tangan jika cucian sedikit
§
Menggunakan
kipas angin dari bambu atau kain
·
Kesimpulan
analisis pada tema ini di kelas tinggi adalah:
§
Tidak
terdapat SK dan KD yang sama pada kelas IV, V, dan VI. Namun SK pada kelas V
dan KD pada kelas VI terdapat kesamaan yaitu ” Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya”
(kelas V) dan “Melakukan percobaan
untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak” (kelas VI).
§ Pada kelas IV pendalaman materinya mengenai gaya dapat
mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda dan berbagai
bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
§
Pada kelas V pendalaman materinya mengenai hubungan
antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya dan menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat
suatu karya/model.
§
Pada kelas VI pendalaman materinya
mengenai pola penggunaan dan perpindahan energy Dan
memahami pentingnya penghematan energi.
No comments:
Post a Comment