Thursday, April 16, 2015

Tema : Energi dan Perubahannya


Ø  Kelas I            :
v  Standar Kompetensi   :
-          Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang  sulit bergerak melalui percobaan.
-          Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas,  dorongan tangan, dan magnet).
v  Pendalaman Materi     :
-          Gerak Benda
§  Benda yang Mudah Bergerak
§  Misalnya : Roda sepeda. Roda sepeda mudah bergerak karena berbentuk lingkaran.
§  Benda yang Sulit Bergerak
§  Misalnya : Dadu. Dadu tidak mudah bergerak karena berbentuk kotak.
-          Penyebab Benda Bergerak
§  Karena Adanya Energi Gerak
§  Karena adanya tendangan.
§  Karena adanya tarikan.
§  Karena adanya sakelar.
§  Karena adanya dorongan.
§  Karena adanya tekanan.
Ø  Kelas II           :
v  Standar Kompetensi   :
-          Mengenal berbagai sumber  energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Mengidentifikasi  sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di  lingkungan sekitar.
-          Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
v  Pendalaman Materi     :
ü  Sumber – Sumber Energi di Lingkungan Sekitar
§  Energi Panas
§  Kompor, setrika, kayu yang dibakar, matahari merupakan sumber energi panas.
§  Energi Listrik
§  Aki, baterai kering, PLTA merupakan sumber energi listrik
§  Energi Cahaya
§  Senter, lampu tempel, matahari merupakan sumber energi cahaya.
§  Energi Bunyi
§  Bel, lonceng, gendang merupakan sumber energi bunyi.
ü  Energi yang Paling Sering Digunakan
§  Energi Listrik
ü  Cara Menghemat Energi
§  Matikan Lampu Ketika Tidak Digunakan
§  Mematikan Televisi Jika Sedang Tidak Dipakai
§  Mencuci Dengan Tangan Jika Cucian Sedikit
§  Menggunakan Kipas Angin dari Bambu atau Kain

Ø  Kelas III         :
v  Standar Kompetensi   :
ü  Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan  energi dan  sumber energi.
ü  Menerapkan konsep energi gerak.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
-          Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
-          Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.

v  Pendalaman Materi     :
-          Gerak Benda Dipengaruhi Oleh Bentuk dan Ukuran
-          Pengaruh Energi Panas, Gerak, Getaran Dalam Kehidupan Sehari – Hari
ü  Energi Panas
§  Misalnya, cahaya matahari menjadikan bumi terang.
ü  Energi Gerak
§  Misalnya, angin adalah udara yang bergerak yang memilki energi yang dapat memutar kincir angin. Sehingga kincir angin dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.
ü  Energi Getaran
§  Misalnya, getaran senar gitar dapat menghasilkan bunyi.
§  Sumber Energi dan Kegunaannya
ü  Energi Panas atau Cahaya Matahari
§  Mengeringkan pakaian yang telah dicuci.
§  Penerangan di siang hari.
§  Membantu dalam proses pembuatan garam.
§  Mengeringkan hasil panen.
§  Membantu tumbuhan membuat makanan.
ü  Energi Gerak atau Angin
§  Untuk menggerakkan perahu layar.
§  Menggerakkan kincir angin sehingga menghasilkan listrik.
§  Untuk mengeringkan pakaian.

·         Kesimpulan dari tema ini adalah :
§  Tidak terdapat kesamaan/ tumpang tindih SK dan KD pada kelas I, II, dan III.
§  Pendalaman materinya pada kelas I yaitu: menjelaskan energi gerak secara umum. Pada kelas II yaitu: menjelaskan sumber energi yang lebih mendalam dari penjelasan di kelas I. Sedangkan pada kelas III pendalaman materinya yaitu: penjelasan antara kelas I dan kelas II di gabung menjadi satu dan lebih mendalam atau secara khusus dalam penjelasannya.

Ø  Kelas IV         :
v  Standar Kompetensi   :
§  Memahami gaya  dapat  mengubah  gerak dan/atau  bentuk suatu benda.
§  Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda.
-          Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda.
-          Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta  sifat-sifatnya.
-          Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya.
-          Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan  perubahan energi gerak akibat pengaruh udara,  misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut.
-          Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik.
v  Pendalaman Materi     :
-          Benda Bergerak Karena Gaya
ü  Gaya
§  Dapat mengubah bentuk benda, contoh: membuat kue dengan adonan tepung terigu yang diberi gaya sehingga bentuknya berubah.
§  Dapat mengubah arak gerakan benda, contoh: bola yang sedang berguling di lantai, disentuh dan diberi gaya sehingga arahnya berubah
-          Benda Bergerak Karena Adanya Tarikan Atau Dorongan
ü  Kecepatan Gerak Benda Tidak Sama, Ada Yang Cepat Ada Yang Lambat
§  Kuat dan lemahnya tarikan atau dorongan sedikit atau dengan sekuat-kuatnya.
§  Berat atau ringannya benda.
§  Keadaan sekitar ( kasar atau halusnya permukaan tempat benda bergerak).
§  Jenis benda itu sendiri.
§  Kemiringan benda itu sendiri.
-          Gaya Adalah Tarikan Atau Dorongan
-          Beberapa Jenis Gaya Yang Berhubungan Dengan Tarikan Atau Dorongan Sesuai Dengan Asalnya
ü  Gaya Otot       : gaya yang menggerakkan otot
ü  Gaya Magnet : gaya menarik benda dari besi
ü  Gaya Gesekan : permukaan dua benda digesekkan
ü  Gaya Pegas     : karena adanya sifat elastis dari benda
ü  Gaya Listrik    : gaya dari benda bermuatan listrik
ü  Gaya Gravitasi Bumi : gaya tarik bumi
ü  Gaya Mesin     : gaya yang dihasilkan oleh mesin
-          Sehubungan dengan gaya
ü  Jika Benda Dimasukkan Kedalam Zat Cair Akan Mengalami Peristiwa Langsung Turun Ke Dasar Zat Cair Atau Tetap Di Permukaan, Karena Mendapat Gaya Keatas
§  Tenggelam : jika berat benda lebih besar dari gaya tekan zat cair ke atas. Contoh : Batu.
§  Terapung : bila berat benda lebih kecil dari pada tekanan air keatas. Contoh: Bulu ayam.
§  Melayang : bila berat benda sama dengan gaya tekan zat cair keatas.
-             Energi Panas
ü  Matahari
§  Sumber panas utama dan terbesar bagi semua makhluk hidup  dan tidak pernah habis, sehingga disebut sember energi kekal/abadi.
§  Untuk fotosintesis : proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau.
§  Untuk manusia : mengeringkan pakaian, gabah, dll
ü  Bahan Bakar
§  Contoh : kayu api, minyak tanah, bensin, dll
ü  Gesekan 2 Benda
ü  Makanan
§  Panas badan diperoleh dari hasil oksidasi (pembakaran) antara karbohidrat pada makanan dengan oksigen hasil pernapasan dan panas ini menghasilkan energy.
ü  Perpindahan panas secara :
§  Konduksi : merambat.
§  Perpindahan panas tanpa disertai perpindahan zat partikel yang dipanaskan itu.
§  Konduksi ada 2 penghantar: yang baik : Konduktor dan yang buruk : isolator
ü  Panas menyebabkan perubahan bersifat :
§  Sementara : kawat dibakar
§  Tetap : kertas dibakar
-          Energi Alternatif
ü  Energi Alternatif Adalah Energi Pilihan Pengganti Yang Sudah Bisa Dipergunakan Selama Ini.
ü  Sifat Energi Alternatif :
§  Mudah diperoleh
§  Berlimpah
§  Tidak cepat habis
-          Energi Bunyi
ü  Sifat Energi Bunyi
§  Dapat berpindah dengan cara merambat melalui media.
§  Dapat dipantulkan.
§  Dapat diserap
ü  Sumber Bunyi Adalah Benda Yang Menghasilkan Bunyi
§  Manusia : pita suara bergetar.
§  Hewan : gesekan sayap seperi pada jangkrik dan belalang.
§  Alat musik
ü  Getaran Adalah Gerakan Bolak Balik Di Sekitar Sikap Seimbang
§  Infrasonik, yaitu : frekuensi bunyi yang berada dibawah 20 getaran per detik bisa didengar jangkrik.
§  Audiosonik, yaitu : frekuensi bunyi yang berada diantara 20-20.000 getaran per detik.
§  Ultrasonik, yaitu : frekuensi bunyi yang berada lebih dari 20.000 getaran per detik
ü  Kuat Dan Lemahnya Bunyi
§  Bunyi kuat dan lemah tergantung besarnya amplitudo. Makin besar amplitudo, bunyi semakin kuat, sebaliknya makin kecil amplitudo, bunyi semakin lemah.
ü  Bunyi Tinggi Dan Rendah
§  Bunyi tinggi karena kekerapannya dan sebaliknya bunyi rendah karena kekerapannya sedikit/rendah
ü  Getaran Yang Sampai Ke Telinga Kita Dengan Jalan Merambat Berbentuk Gelombang Bunyi
ü  Pemantulan Dan Penyerapan Bunyi
§  Bunyi memantul jika mengenai permukaan benda yang keras (padat). Bunyi diserap bila mengenai permukaan benda yang lunak.Benda penyerap bunyi disebut peredam bunyi.
ü  Resonansi : Ikut Bergetar Dengan Sumber Bunyi
ü  Efek Dopler : Bunyi Pantul Yang Terdengar Jelas Jikalau Sumber Bunyi Mendekat, Sebaliknya Terdengar Tidak Jelas Bila Sumber Bunyi Menjauh
ü  Alat Musik

Ø  Kelas V           :
v  Standar Kompetensi   :
-          Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya.
-          Menerapkan  sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet).
-          Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
-          Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
-          Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
v  Pendalaman Materi     :
-          Hubungan Antara Gaya, Gerak, Dan Energi Serta Fungsinya
ü  Pengertian Gaya Gravitasi     
§  Gaya Gravitasi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang ada di alam semesta.


ü  Pengertian Gaya Gesek
§  Gaya Gesek adalah gaya yang menimbulkan hambatan ketika dua permukaan saling bersentuhan.
ü  Pengertian Gaya Magnet
§  Benda magnetis adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet, misalnya: besi,baja, aluminium, dll.
§  Benda Non-magnetis adalah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet,misalnya: plastik, kayu, kaca, kain, karet, dll.
-          Menjelaskan Pesawat Sederhana Yang Dapat Membuat Pekerjaan Lebih Mudah Dan Lebih Cepat
ü  Pesawat Sederhana
§  Alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya.Secara umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai mekanisme paling sederhana yang memanfaatkan keuntungan mekanik untuk menggandakan gaya.
§  Secara tradisional, pesawat sederhana terdiri dari: bidang miring, roda dan gandar, tuas, katrol, baji, sekrup, roda berporos, kerekan.
-          Sifat-Sifat Cahaya
ü  Cahaya Merambat Lurus
ü  Cahaya Dapat Menembus Benda Bening
ü  Cahaya dapat dipantulkan
ü  Cahaya Dapat Dibiaskan
ü  Cahaya dapat diuraikan
-          Pemanfaatan Sifat-Sifat Cahaya
ü  Periskop, Teleskop, Kaleidoskop, Dan Lup

Ø  Kelas VI         :
v  Standar Kompetensi   :
-          Mempraktikkan  pola penggunaan dan perpindahan energy.
-          Memahami pentingnya penghematan energi.
v  Kompetensi Dasar       :
-          Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas).
-          Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.
-          Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
-          Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah).
v  Pendalaman Materi     :
-          Hubungan antara Gaya dan Gerak
ü  Gaya Otot, Gaya Dorong, Dan Gaya Tarik Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda
§  Jika kamu memberikan gaya pada suatu benda, benda itu akan bergerak.
-          Perubahan energi listrik
ü  Energi listrik dapat diubah-ubah.
§  Perubahan energi listrik menjadi energi panas dan cahaya. Contohnya :  lampu listrik
§  Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Contohnya : setrika listrik
§  Perubahan energi listrik menjadi energi gerak atau energi kinetik. Contohnya : kipas angin
§  Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. Contohnya : radio
ü  Contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan energi listrik
§  Sebagian besar peralatan rumah tangga memanfaatkan energi listrik. Seperti Rice cooker, dispenser, kulkas, radio, setrika, mesin cuci, kipas angin, dan sebagainya.
ü  Cara Menghemat Energi
§  Matikan lampu ketika tidak digunakan
§  Mematikan televisi jika sedang tidak dipakai
§  Mencuci dengan tangan jika cucian sedikit
§  Menggunakan kipas angin dari bambu atau kain
·         Kesimpulan analisis pada tema ini di kelas tinggi adalah:
§  Tidak terdapat SK dan KD yang sama pada kelas IV, V, dan VI. Namun SK pada kelas V dan KD pada kelas VI terdapat kesamaan yaitu ” Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya” (kelas V) dan “Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak” (kelas VI).
§  Pada kelas IV pendalaman materinya mengenai gaya  dapat  mengubah  gerak dan/atau  bentuk suatu benda dan berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
§  Pada kelas V pendalaman materinya mengenai hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya dan menerapkan  sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model.

§  Pada kelas VI pendalaman materinya mengenai pola penggunaan dan perpindahan energy Dan memahami pentingnya penghematan energi.

No comments:

Post a Comment