Ø Kelas I :
v Standar
Kompetensi :
-
Mengenal anggota tubuh
dan kegunaannya, serta cara perawatannya.
-
Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat.
v Kompetensi
Dasar :
-
Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya.
-
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat).
-
Membiasakan hidup sehat.
-
Mengenal
cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.
-
Membedakan
lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.
-
Menceritakan
perlunya merawat tanaman, hewan
peliharaan dan lingkungan sekitar.
v Pendalaman
Materi :
-
Bagian – Bagian Tubuh Manusia
ü Bagian
Kepala
§ Aku
kenal mulutku.
§ Aku
kenal wajahku.
ü Bagian
Badan
ü Bagian
Lengan
§ Aku
kenal tanganku.
ü Bagian
Kaki
§ Aku
kenal kakiku.
-
Kegunaan Anggota Tubuh
ü Kegunaan
Mata
ü Kegunaan
Telinga
ü Kegunaan
Hidung
ü Kegunaan
Kaki
ü Kegunaan
Rambut
ü Kegunaan
Gigi
ü Kegunaan
Kulit
ü Kegunaan
Lidah
-
Cara Merawat Anggota Tubuh
ü Merawat
Mata
ü Merawat
Telinga
ü Merawat
Kulit
ü Merawat
Gigi
ü Merawat
Rambut
ü Merawat
Tangan
-
Kebutuhan Tubuh
ü Makanan
Sehat
ü Kamu
Memerlukan Air
ü Kita
Perlu Pakaian
ü Kita
Memerlukan Lingkungan yang Bersih dan Sehat
-
Membiasakan Hidup Sehat
ü Berolahraga
ü Makanan
yang Sehat
ü Mencuci
Tangan dan Kaki
ü Tidur
yang Cukup
ü Membuang
Sampah pada Tempatnya
-
Mengenal Cara Memelihara Lingkungan Agar
Tetap Sehat
ü Buanglah
Sampah pada Tempatnya
ü Tanaman
Harus Dirawat Setiap Hari
ü Binatang
Piaraan Perlu Dirawat
Ø Kelas II :
v Standar
Kompetensi :
-
Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan
dan tumbuhan, pertumbuhan hewan
dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
v Kompetensi
Dasar :
-
Mengenal bagian-bagian
utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan
sekolah melalui pengamatan.
-
Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi
tanaman).
-
Mengidentifikasi
berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya).
-
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan
membahayakan.
v Pendalaman
Materi :
-
Mengenal Bagian – Bagian Utama Tubuh
Hewan dan Tumbuhan
ü Bagian
Utama Tubuh Hewan
§ Kepala,
Badan, dan Anggota Tubuh Hewan.
ü Bagian
Utama Tubuh Tumbuhan
§ Akar,
Batang, Daun, Bunga, Biji.
-
Pertumbuhan Hewan dan Tumbuhan
-
Tempat Hidup Makhluk Hidup
ü Tempat
Hidup Hewan
§ Air
: Misalnya ikan.
§ Darat
: Misalnya ayam.
§ Air
dan Darat : Misalnya katak.
ü Tempat
Hidup Tumbuhan
§ Darat
: Misalnya cabe.
§ Air
: Misalnya eceng gondok.
§ Menempel
di tubuh tumbuhan yang lain : tumbuhan paku.
-
Makhluk Hidup yang Menguntungkan dan
Membahayakan
ü Makhluk
Hidup yang Menguntungkan
§ Hewan
: Misalnya ayam, sapi, dll.
§ Tumbuhan
: Misalnya pohon mangga.
ü Makhluk
Hidup yang Membahayakan
§ Hewan
: Misalnya nyamuk, lalat, tikus, dll.
§ Tumbuhan
: Misalnya benalu.
Ø Kelas III :
v Standar
Kompetensi :
-
Memahami kondisi lingkungan yang
berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
v Kompetensi
Dasar :
-
Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
pengamatan.
-
Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
-
Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
v Pendalaman
Materi :
-
Ciri – Ciri Lingkungan Sehat dan
Lingkungan Tidak Sehat
ü Lingkungan
Sehat
§ Lingkungan
tertata rapi dan bersih.
§ Udara
bersih, segar, dan terasa sejuk.
§ Ada
tempat sampah dan keadaannya bersih.
§ Terdapat
saluran air yang bersih dan lancer.
§ Terdapat
berbagai tumbuhan hijau yang terpelihara.
ü Lingkungan
Tidak Sehat
§ Udara
kotor dan berbau.
§ Tidak
tersedianya tempat sampah.
§ Tidak
ada saluran air.
§ Tidak
terdapat tumbuhan sehingga terlihat gersang.
-
Kondisi Lingkungan yang Berpengaruh
Terhadap Kesehatan
ü Lingkungan
Tidak Sehat Akan Mempengaruhi Kesehatan
§ Asap
yang bertebaran dimana-mana akan membuat napas menjadi sesak dan fungsi
paru-paru akan terganggu karena banyaknya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh.
§ Air
yang kotor akan membuat tubuh gatal.
§ Tanah
yang tercemar akibat buangan oli bekas dan bahan bakar akan merugikan.
-
Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan
Sekitar
ü Membersihkan
Lingkungan
§ Membersihkan
rumah.
§ Membersihkan
selokan.
§ Membuang
sampah pada tempatnya.
§ Mengatur
pertukaran udara.
§ Menanam
tumbuhan.
·
Kesimpulan analisis pada tema ini di
kelas rendah adalah :
§ Tidak
adanya tumpang tindih / kesamaan pada SK dan KD di kelas I dan kelas II. Namun
di kelas I dan kelas III terdapat KD yang sama yaitu “Mengenal Cara Memelihara
Lingkungan Agar Tetap Sehat” (di kelas I) dan “Cara Menjaga Kesehatan
Lingkungan Sekitar” (di kelas III), sehingga pendalaman materinya juga memiliki
kesamaan pada penjelasannya.
§ Tema
makhluk hidup dan proses kehidupannya ini selalu ada, baik pada kelas rendah
maupun kelas tinggi, tetapi dalam penjelasannya tema ini di setiap tingkatan
kelasnya memiliki perbedaan. Penjelasan di kelas I dikhususkan pada penjelasan
bagian tubuh manusia. Kelas II penjelasan dikhususkan pada penjelasan makhluk
hidup yaitu hewan dan tumbuhan. Dan kelas III penjelasannya dikhususkan tentang
mengenai kondisi lingkungan makhluk hidupnya baik manusia, hewan, dan tumbuhan.
Ø Kelas IV :
v Standar
Kompetensi :
-
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
-
Memahami hubungan antara
struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
-
Menggolongkan hewan,
berdasarkan jenis makanannya.
-
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup.
-
Memahami hubungan sesama
makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
v Kompetensi
Dasar :
-
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
-
Menerapkan
cara memelihara kesehatan kerangka tubuh.
-
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya.
-
Menerapkan
cara memelihara kesehatan panca indera.
-
Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan
fungsinya.
-
Menjelaskan
hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
-
Menjelaskan
hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
-
Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
-
Mengidentifikasi
jenis makanan hewan.
-
Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya.
-
Mendeskripsikan
daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu,
kucing.
-
Menunjukkan
kepedulian terhadap hewan peliharaan,
misalnya kucing, ayam, ikan.
-
Mengidentifikasi
beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)
dan hubungan “makan dan dimakan”
antar makhluk hidup (rantai makanan).
-
Mendeskripsikan
hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
v Pendalaman
Materi :
-
Rangka
dan Alat Indera Manusia
ü Rangka
Manusia
§ Bagian
rangka (rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak).
§ Sendi
(sendi engsel, sendi peluru, sendi pelana, sendi geser, dan sendi putar) serta
fungsi rangka.
ü Memelihara
Kesehatan Rangka
§ Pengaruh
sikap tubuh terhadap rangka, penyakit yang merusak rangka (polio, rakhitis,
osteoporosis, rheumatik)
§ Serta
makanan bergizi dan olahraga.
ü Alat
Indra Manusia
§ Mata,
telinga, hidung, lidah, dan kulit (bagian mata dan fungsinya, cara kerja indra,
kelainan indra, memelihara kesehatan indra).
-
Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
ü Stuktur
Akar dan Fungsinya
ü Struktur
Batang dan Fungsinya
ü Struktur
Daun dan Fungsinya
ü Struktur
Bunga dan Fungsinya
-
Penggolongan dan Daur Hidup Hewan
ü Jenis-jenis
Makanan Hewan
§ Meliputi:
makanan berupa tumbuhan dan makanan berupa hewan.
ü Penggolongan
Hewan
§ Meliputi:
Herbivora, Karnivora dan Omnivora.
ü Daur
Hidup Beberapa Hewan
§ Meliputi:
Daur hidup kecoa, nyamuk, kupu-kupu dan kucing.
ü Memelihara
Hewan Peliharaan
§ Meliputi: Ayam, kucing, kelinci dan ikan.
-
Mahkluk Hidup dan Lingkungannya
ü Hubungan
Antar Mahkluk Hidup
§ Meliputi:
Simbiosis Mutualisme, Simbiosis Parasitisme, Simbiosis Komensialisme.
ü Rantai
Makanan
ü Hubungan
Mahkluk Hidup dengan Lingkungannya
§ Meliputi:
pencemaran dan kebakaran hutan.
Ø Kelas V :
v Standar
Kompetensi :
-
Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
-
Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.
-
Mengidentifikasi cara
makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
v Kompetensi
Dasar :
-
Mengidentifikasi
fungsi organ pernapasan manusia.
-
Mengidentifikasi
fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
-
Mengidentifikasi
fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
-
Mengidentifikasi
organ peredaran darah manusia.
-
Mengidentifikasi
cara tumbuhan hijau membuat makanan.
-
Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
-
Mengidentifikasi
penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
-
Mengidentifikasi
penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
v Pendalaman
Materi :
-
Fungsi Alat-alat Tubuh
ü Alat
Pernapasan Manusia
§ Meliputi:
hidung, tenggorokan dan paru-paru.
ü Alat
Pernapasan Hewan
§ Meliputi:
Ikan, cacing tanah, katak dan burung.
ü Alat
Pencernaan Manusia, Makanan dan Kesehatan
§ Meliputi:
alat pencernaan manusia (pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara
kimiawi), makanan yang mudah dicerna dan
tidak mudah dicerna, makanan yang baik untuk kesehatan (karbohidrat, protein,
lemak, vitamin, mineral dan air), makanan 4 sehat 5 sempurna, dan makanan yang
berbahaya bagi kesehatan.
ü Alat
Peredaran Darah Manusia
§ Meliputi:
darah, penggolongan darah, pembuluh darah dan jantung.
ü Gangguan
Pada Alat Peredaran Darah Manusia
§ Meliputi:
anemia, hipotensi, hipertensi, leukemia, hemofilia dan thalasemia.
-
Tumbuhan
ü Cara
Tumbuhan Hijau Membuat Makanan
ü Tempat
Menyimpan Cadangan Makanan pada Tumbuhan
ü Tumbuhan
Sebagai Penghasil Sumber Makanan
-
Cara Mahkluk Hidup Menyesuaikan Diri
dengan Lingkungannya
ü Adaptasi
Hewan dengan Lingkungannya
§ Meliputi
: adaptasi hewan dengan lingkungan dalam mencari makanan (serangga dan burung),
adaptasi hewan untuk melindungi diri (cecak, kadal, ular, bunglon, kupu-kupu,
dan cumi-cumi).
ü Adaptasi
Tumbuhan dengan Lingkungannya
§ Meliputi
: cara tumbuhan melindungi diri, dan cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan
habitatnya.
Ø Kelas VI :
v Standar
Kompetensi :
-
Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
-
Memahami cara
perkembangbiakan makhluk hidup.
-
Memahami pengaruh
kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
-
Memahami pentingnya
pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan.
v Kompetensi
Dasar :
-
Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang
dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)
dan lingkungan hidupnya.
-
Mendeskripsikan hubungan
antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan
lingkungan hidupnya.
-
Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari
bayi sampai lanjut usia.
-
Mendeskripsikan ciri-ciri
perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan.
-
Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
-
Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan manusia.
-
Mengidentifikasi
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi
keseimbangan alam (ekosistem).
-
Mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan.
-
Mengidentifikasi
bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan.
-
Mengidentifikasi
jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati
kepunahan.
-
Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan
Alam dan kehidupan masyarakat.
v Pendalaman
Materi :
-
Ciri Khusus Mahkluk Hidup
ü Ciri Khusus pada Hewan, meliputi :
cecak, bebek, kelelawar, semut, kucing, landak dan cumi-cumi.
ü Ciri Khusus pada Tumbuhan, meliputi
: mawar, kaktus, kantong semar, teratai, putrid malu dan raflesia.
-
Perkembangbiakan Mahkluk Hidup
ü Pertumbuhan dan Perkembangan,
meliputi : masa balita, masa remaja, masa dewasa, dan masa lanjut usia.
ü Perkembangbiakkan, meliputi :
perkembangbiakkan hewan (generatif dan vegetatif), perkembangbiakkan tumbuhan
(generatif dan vegetatif), perkembangbiakkan manusia.
-
Keseimbangan
Ekosistem
ü Kegiatan Manusia yang Mengganggu Keseimabangan Ekosistem,
meliputi : perpindahan penduduk, penebangan liar, dan pembakaran hutan,
penggunaan bahan kimia secara berlebihan, penggunaan kendaraan bermotor,
pengeboran minyak di laut, perburuan liar, dan kerusakan terumbu karang.
ü Pemanfaatan Bagian Tumbuhan Hewan dan Tumbuhan, meliputi :
hewan yang diburu manusia (rusa, burung merak, duyung, hiu, dan harimau),
tumbuhan yang dimanfaatkan manusia (ulin, kemiri, kemenyan, kayu manis, dan
aren).
ü Hewan dan Tumbuhan Langka.
ü Pelestarian Makhluk Hidup.
·
Kesimpulan
analisis pada tema ini di kelas tinggi adalah:
§ Tidak adanya
tumpang tindih / kesamaan pada SK dan KD di kelas IV, V, dan VI.
§ Pendalaman dan
perluasan materi mengenai manusia di kelas IV meliputi rangka, sendi, dan alat
indra pada manusia. Di kelas V meliputi alat pernafasan, percernaan,
peredaran darah serta gangguan pada alat peredaran darah manusia. Sedangkan di
kelas VI membahas bagaimana pertumbuhan, perkembangan dan perkembangbiakan
manusia.
§ Pendalaman dan
perluasan materi mengenai tumbuhan di kelas IV meliputi : struktur dan fungsi
bagian tumbuhan. Di kelas V membahas bagaiman cara tumbuhan membuat makanan,
tumbuhan sebagai penghasil sumber makanan. Di kelas VI membahas cirri
khusus pada tumbuhan, perkembangbiakan tumbuhan dengan vegetatif dan generatif.
§ Pendalaman dan
perluasan materi mengenai hewan di kelas IV meliputi : penggolongan dan daur
hidup hewan. Di kelas V membahas alat pernafasan hewan,. Di kelas VI membahas
ciri khusus pada hewan, perkembangbiakan hewan.
§ Pendalaman dan
perluasan materi mengenai Makhluk Hidup dan Lingkungannya di kelas IV membahas
: hubungan antar makhluk hidup, rantai makanan, dan hubungan makhluk hidup
dengan lingkungannya. Di kelas V membahas mengenai adaptasi hewan dan tumbuhan
terhadap lingkungannya. Di kelas VI membahas kegiatan manusia yang mengganggu
keseimbangan ekosistem, pemanfaatan bagian tubuh hewan dan tumbuhan, berbagai
jenis hewan dan tumbuhan langka dan pelestarian makhluk hidup.
·
Kesimpulan
analisis pada tema ini di kelas rendah maupun kelas tinggi adalah:
§ Tidak terdapat
SK dan KD yang tumpang tindih/ memiliki kesamaan
§ Setiap jenjang
kelas mendalami materi yang berbeda mengenai makhluk hidup dan proses
kehidupannya.
Golden Nugget Casino & Hotel - MapyRO
ReplyDeleteGolden Nugget Casino 군산 출장안마 & Hotel. 안양 출장안마 MapYRO Realtime Gaming Internet Address: 777 Treasure Island 창원 출장마사지 Blvd, 영주 출장안마 Henderson, 경상북도 출장안마 NV 89883.